Sabtu, 06 Mei 2017

TUGAS PEMROGRAMAN JARINGAN

Pemrograman jaringan Get ip .java
kegunaan dari program getIP.java diatas berguna untuk mengetahuit ip komputer yang kita gunakan, disini kita buat program nya dengan menggunakan java lalu di jlankan menggunakan command promp kita buat library java untuk jaringan dulu, import java.net.*; selanjutnya deklarasikan class dan method beserta variabelnya, lalu disini kita menggunakan percabangan dan perulangan if fdan for untuk mengetahui ip dari pc kita. Berikut output yang di hasilkan dari program diatas.


Pemrograman jaringan GetName .java

Kegunaan dari program diatas berguna untuk mengetahui nama dari komputer anda, jalan dari program ini hampir sama dengan cara mengetahui ip kita disini kita memanggil hosname dari komputer kita, pertama kita buat null dulu, lalu selanjutnya dipanggil dengan cara host.gethostname());. Berikut output dari program ini.



Pemrograman jaringan IptoName .java


Kegunaan dari program IPtoName.java untuk mengetahui alamat ip dan nama dari perangkat yang digunakan. Pertama kita deklarasikan library java yang mengimplementasikan jaringan. Selanjutnya deklarasikan nama class dari program berupa IPtoName, dan fungsi utama dari  program,  terdapat percabangan if yang kemudian akan mencetak pemakaian : java IPtoName <IP adderss>.kemudian system akan keluar. Terdapat try dan catch yang berfungsi untuk menangani masalah yang terdapat dalam program. berikut output yang dihasilkan.

Pemrograman jaringan Nslookup.java

Kegunaan dari program NsLookup.java untuk mengetahui alamat ip dan nama dari perangkat yang digunakan. Sama seperti sebelumnya kita deklarasikan library jaringan di dalam java, lalu buat class dan deklarasikan  method dan variabel, lalu ada percabangan if jika panjang nilai sama dengan 0 maka akan mencetak pemakaian java Nslookup <hostname>. Dan Disini ada try dan catch untuk menangani masalah yang terdapat dalam program jika terdapat kesalahan maka akan menampilkan unknown host. Terdapat type data byte variabel IP dalam array bernilai sama dengan address.getAddress terdpat juga perulangan for dimana nilai i sama dengan 0, lalu nilai i lebih kecil daripada panjang nilai ip dan nilai i akan terus bertambah selama nilai i lebih kecil dari ip. Dan juga tterdapat percabangan if apabila nilai i lebih kecil dari 0, maka program akan mencetak titik. selanjutnya akan berulang hingga hostname selesai. Berikut hasil dari output yang dihasilkan.

Pemrograman jaringan SimpleServer .java dan SimpleClient.java

SimpleServer.java


SimpleClient.java


Program diatas merupakan contoh pemrograman socket Programming disini kita mengkoneksikan dua buah perngkat untuk bisa saling berkomunikasi satu sama lain, dan diatas merupakan listing dari programnya, ada simpleserve.java untuk komputer server, dan simpleclient.java untuk komputer client. Berikut hasil outputnya.


SimpleServer.java

SimpleClient.java






Tidak ada komentar:

Posting Komentar