Minggu, 13 November 2016

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

DEFINISI SEO
Definisi apa itu SEO versi Wikipedia (terjemahan dari bahasa Inggris)
Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”
Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.

Tujuan SEO
Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:
-       Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).
-       Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).
-       Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan
Sebagaimana Anda dipahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, maka ketiga tujuan utama SEO di atas akan mudah segera dicapai.

Teknik SEO
On-page dan Off-page - Jujur SEO itu adalah topik yang sangat meluas dan besar sekali yang berkembang dengan sangat cepat sesuai dengan perkembangan algoritme google.

Tapi ada 2 hal yang selalu benar dari dulu sampai sekarang, ada 2 hal dasar tentang SEO yang meskipun jaman berubah tapi 2 hal ini tidak pernah berubah dan saya rasa tidak akan berubah.

Yang pertama adalah relevansi, jadi google yang bergerak di bisang mesin pencari, yang mereka lakukan itu adalah memberikan hasil yang paling relevan kepada penggunanya karena mereka adalah mesin pencari.

Apa yang terjadi jika google tidak bisa menampilkan hasil pencarian yang relevan? pada akhirnya google akan ditinggalkan oleh penggunanya. Dan kalau banyak pengguna yang beralih dari google, maka google akan kehilangan visitor. Kalau google kehilangan visitor artinya google juga akan kehilangan iklan..

Padahal 80% - 90% penghasilan yang dihasilkan oleh google itu adalah berasal dari iklan.

Dan Search Engine itu adalah jenis bisnis yang paling dikuasai oleh google yang mencakup sebagian besar dari porsi google. Google memang punya browser, produk, dan punya banyak yang lainnya.

tapi 80%-90% sumber pemasukannya itu berasal dari SEARCH ENGINE.. Jadi google akan berusaha bagaimana caranya agar dia bisa menghasilkan hasil yang relevan kepada penggunanya.

Jadi, sebenarnya SEO itu tidak serumit yang mungkin anda kira, bahkan ini sebenarnya simple jika anda sudah mengerti.

Kita langsung saja ke topik pembahasan, jadi mengingat anda tadi sudah tahu yang paling penting adalah relevansi. Jadi, SEO itu ada 2 jenis, yang pertama adalah On-page SEO yaitu relevansi, dan yang kedua adalah Off-page SEO, ini adalah cara google juga untuk mengukur relevansi tapi berdasarkan vote.

Jadi saya akan menjelaskan satu-satu...


Melakukan optimasi SEO On-Page
Yang pertama kali saya luruskan adalah bahwa yang bisa bertengger di Search Engine itu adalah halaman. Jadi berhentilah mengoptimasi homepage situs anda anda tapi optimasilah halaman situs anda.

Bagaimana caranya agar halaman kita relevan? ikuti beberapa hal berikut! 

Jadi untuk onpage SEO ini meliputi beberapa hal... Saya yakin ada lebih dari yang saya tulis disini, tapi sementara ini anda cukup mengerti ini dulu, dan saya yakin ini adalah 80% dari semuanya.

·                     Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
·                     Emphasize
·                     Image alt tag
·                     Outbound link
·                     Konten
·                     Permalink 
Jadi itulah poin-poin penting dari Optimasi SEO Onpage. Jadi jangan lupa anda mengoptimalkan poin-poin diatas. Untuk penjelasan lengkap mengenai poin diatas, silahkan baca artikel Cara melakukan Optimisasi SEO Onpage pada blog


Melakukan Optimasi SEO Off-Page
Ini adalah cara google mengukur relevansi situs kita berdasarkan vote dari situs lain. Yang dimaksud Vote itu adalah semakin banyak situs lain yang melakukan link pada situs kita maka google akan memandang/menilai situs kita lebih dapat dipercaya.

Kenapa demikian? karena situs lain percaya dengan situs kita sehingga mereka mau nge-link ke situs kita. Oleh karena itu google juga meletakkan kepercayaan pada kita jika kita mempunyai banyak backlink. SEO Off-page itu terdiri dari:

1.                   Backlink  
2.                   Promosi blog
3.                   Social buzz

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar